nostalgia

sesuatu yang berbau hal mengingat sesuatu di masa lalu biasanya menyenangkan. orang menyebutnya dengan nostalgia. bisa macam-macam. bisa nostalgia masa sekolah, masa sma, smp,sd bahkan TK. bisa juga nostalgia ketika dulu kita mash kecil, main di kali, kejar-kejaran di lapangan smapai sore, main layagan. nostalgia ketika masih tinggal dengan orang tua, nostalgia ketika mulai kenal pacaran sampai nostalgia waktu darma wisata yang istilah kerennya sekarag study tour bareng teman sekolahan.

nostalgia itu bisa datang kapan saja. ketika kita lagi ngalamun, bengong ga tau apa yang dipikirkan tiba-tiba ingat masa lalu, eh kemudian berlanjutan dengan berekelana mengingat-ingat kejadian masa lalu. bisa juga, kita nostalgia karena kita mendengar, melihat, merasa,membau sesuatu-meski sekilas-yang berhubungan dengan masa lalu, dan seperti yang sudah diceritakan di atas pengalaman tersebut berlanjut dengan nostalgia, menghubungkan pengalaman indra tadi dengan kejadian masa silam. Nostalgia, kadang juga tiba-tiba datang karena kita secara gak sengaja liat barang barang lama, bisa habis bongkar lemari liat baju lama, nemu buku agenda 2 tahun lalu misalnya, samapai liat album kenangan. ngliatin foto jaman jadul, ngliatin betapa lugunya wajah kita, sampai kita pun kadang suka lupa sendiri kalo kita pernah ngalamin peristiwa seperti yang di foto.

mengingat masa lalu memang tidak sepenuhnya salah, karena dengan itu kita bisa sedikit rehat dari aktivitas yang melelahkan. mengalihkan perhatian dari hal-hal didepan kita sah-sah saja dong, biar lebih variatif getho. Lebih beruntung lagi kalo kita bisa dapat inspirasi dari bernosatalgia.
namun demikian, akan jadi masalah kalo kita jadi hobi bernosatlagia. biasanya nih, orang yang suka nostalgia cenderung suka ngobrol tentang pengalamanya dengan orang lain. nah, ketika dia terlalu asyik bercerita, kasng kita gak sadar ternyata yang diceritakan cuma itu-itu saja, dan partner untuk cerita pun cuma itu-itu saja. membosankan! Kejadian itu acap terjadi pada orang-orang yang ngalamin post power syndrom.

orang bilang yesterday is history, today is a gift and tomorrow is future. Jadi, belajar sejarah yuk.. karena dari nostalgia kita jadi tahu apakah kita sudah berkembang atau tidak, sudah sejauh mana kita melangkah, darimana kita berangkat dan sampai mana kita sekarang serta kita jadi sadar sudah melakukan apa kita selama ini. jadi, gak ada salahnya lah sesekali kita nostalgia. daripada pusing ngadepin kerjaan dan tantangan yang gak ada seselasinya? mending istirahat sebentar, nginget kejadian lucu, liat bagaimana konyolnya kita di masa lalu.

selamat bernosatalgia........ ^ ^

0 comments: