Surga Senja

Selamat sore menjelang senja semuanya. Sekarang jam 5:33 WIB waktu Indonesia bagian Kwitang, dan saya di atas genteng sambil menimati udara yang sudah adem, dengan langit sedikit mendung dan sayup sayup terdengar gemuruh bisingnya suara kendaraan dari jalan Menteng raya nun agak jauh disana.

baiklah, jadi, tiba2 senja ini mengingtakan saya tentang pengalaman di senja juga. Suatu ketika saya mengunjungi sebuah pulau di pulau Jawa, halah sok misterius ya. Oke, pulau Menjangan kecil namanya. Saya tinggal disana 2 hari semalam.

Pulau Menjangan masuk dalam Kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah. Dengan menggunakan sopek, perahu nelayan, pulau tersebut hanya berjarak sekitar 20 menit dari pulau Karimunjawa. Pulau sendiri kalau keliatan jelas kalau misalkan kita berdiri di dermaga/pantai pulau Karimunjawa.

Memang, itu adalah kunjungan yang kesekian kalinya saya ke Pulau Menjangan, namun untuk tinggal dan menginap itu adalahuntuk pertama kalinya. Pulau Menjangan sendiri hanya digunakan untuk menginap saja, tidak ada warga yang tinggal disana. Penginapan tersebut dioperatori oleh orang indonesia dengan bentuknya semacam resort sederhana, berjumlah sekitaran 11 resort kalau gak salah. Separo dari pulau Menjangan tidak boleh digunakan untuk komersil karena wilayah tersebut sudah termasuk dalam Taman Nasional Karimunjawa. Jadi, kalau misal kita ke Karimunjawa, lalu kita diajak pergi snorkling, nah salah satu spotnya ya di Pulau Menjangan kecil itu.

Beruntung sekali saat itu, pulau sebesar itu hanya ditempati oleh 4 orang tamu termasuk saya.
Sekawanan anjing menyambut saya ketika mau mendarat.


Depan kamar saya langsung pantai :)

Karakter dari pantai-pantai di pulau yang ada di laut Jawa adalah ombaknya yang tenang, nyaris tidak ada ombak atau gelombang yang lewat. Ditambah dengan pantainya yang luas, jadi kita bisa berenang jauh ke tengah tapi airnya masih aja tetep se dada! asyik ya. mana batu di dasar pantainya sedikit, jadi beneran kayak kolam renang yang luas.


Gini nih pantainya,,

Nah,ada satu pengalaman yang membuat saya pengen balik lagi ke sana. Jadi, saya berkesempatan untuk berenang pas matahari mulai terbenam, tempatnya ada di pantai di belakang kamar saya. Ceritanya, kalau depan kamar saya bisa mendapatkan pemandangan pas matahari terbit, maka di belakang kamar saya adalah tempat dimana matahari memebanamkan dirinya. Dan ternyata pantai di belakang kamar saya adalah pantai yang enak sekalai buat berenang; tenang, luas, dan airnya hangat karena masih menyimpan panas matahri pas siang.
Intinya senja itu saya berenang dengan hati yang sangat damai dan bahagia.
Ooh, heaven


pemandangan di belakang 'gubuk' saya.


gak sorga gimana coba, berenang dengan latar belakang begini..

salam senja,
Ian

0 comments: